Menu
Cara Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot
0 Comments

Tips dan Cara Mengatasi Burung Kacer Yang Kurang Ngotot

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di pelihara oleh kicau mania Indonesia. Burung yang memiliki nama lain kucica kampung ini pandai sekali berkicau dengan suara merdu dan nyaring di telinga. Bagi kicau mania yang memiliki burung kacer yang real fighter (murni petarung) harus pintar merawat burung peliharaannya tersebut agar kekuatan dan staminanya tetap terjaga. Bukan hanya itu, mereka juga harus mengerti apa yang di inginkan dan yang terpenting yaitu bisa memahami kondisi burung kesayangannya sebelum mengikuti perlombaan.

Jika perawatan harian pada burung kacer di lakukan secara rutin dan tepat waktu, maka burung bisa tampil maksimal saat di perlombakan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa faktor yang paling penting dalam perawatan burung lomba yaitu mengetahui kondisi dan menjaga staminanya saat mau di kontes atau perlombakan. Namun tidak selamanya suara kacer tetap berkicau gacor dan bermental fighter, pasti ia juga akan merasa lelah dan berubah perilakunya seperti mbagong / ngebalon, sering ngetem dan kurang ngotot.

Sebenarnya hal ini sudah sangat wajar dan sering di alami pada burung kacer. Dan berikut ini cara mengatasi burung kacer yang mbagong, ngetem dan kurang ngotot saat di perlombakan.

1. Pengembunan

Yang pertama untuk mengatasi burung kacer yang kurang ngotot saat di lombakan yaitu mengembunkannya secara rutin, minimal dua hari sekali. Proses pengembunan sendiri di percaya mampu meningkatkan stamina burung kacer agar kembali prima.

2. Mengatur Ulang EF (Extra Fooding)

Mengatasi burung kacer yang kurang ngotot selanjutnya yaitu mengatur ulang pakan tambahan / EF (Extra Fooding). Ini semua bertujuan untuk menjaga birahi dan meningkatkan stamina burung supaya tetap stabil. Namun sebelum itu, kita harus memahami dulu apakah kondisi burung tersebut muncul karena kurang birahi atau sebaliknya terlalu birahi. Jika burung tampil tidak maksimal karena kurang birahi, maka porsi jangkriknya di naikan atau memberi kroto sebanyak satu sendok satu kali dalam beberapa hari.

3. Masukkan Kacer Ke Kandang Umbaran

Ternyata memasukkannya ke dalam kandang umbaran bisa mengatasi burung yang tidak tampil maksimal saat di perlombakan atau kurang ngotot. Biasanya pengumbaran di lakukan mulai dari pagi hingga siang hari, bahkan ada seorang kicau mania yang membangkitkan mental fighter burung peliharaannya dengan cara memasukkan burung kecil ke dalam kandang umbaran sebagai untulan.

4. Memberi Kacer Ramuan

Biasanya untuk mendongkrak kembali stamina burung, seorang kacermania memberikan ramuan khusus misalnya yang populer di kalangan para kicau mania sekarang adalah sari mengkudu. Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa buah mengkudu bisa di buat ramuan untuk burung kacer. Caranya merebus buah mengkudu yang sudah matang dengan beberapa gelas air, lalu dinginkan dan di simpan dalam lemasi pendingin / kulkas, baru di berikan pada burung kacer.

5. Memberi Kacer Multivitamin

Burung kacer yang tampil tidak makasimal, biasanya kondisinya kurang fit atau tidak sehat. Maka jangan lupa memberinya multivitamin secara teratur seperti BirdVit minimal 2-3 kali dalam seminggu agar kondisi burung selalu prima.

6. Beri Waktu Yang Cukup Untuk Kacer Istirahat

Terkadang masih banyak kicau mania yang melatih burung kacer saat mau di lombakan. Karena mereka ingin sekali burung peliharaannya menjadi juara dalam perlombaan, namun semua itu salah besar karena akan menguras habis stamina burung tersebut. Sebaiknya berilah istirahat yang cukup untuk burung kacer supaya kondisi dan staminanya tetap terjaga saat di perlombakan.