Menu
Keutamaan Surat Al Fatihah Dalam Beberapa Hadits
0 Comments

Keutamaan Surat Al Fatihah Dalam Beberapa Hadits

Keutamaan Surat Al Fatihah – Terdapat 114 nama nama surat di dalam Al Quran yang kesemuanya memiliki keutamaan yang sangat mulia, dan pada kali ini kita akan membahas salah satu surat yang ada didalam Al Quran yakni keutamaan surat al fatihah.

Adapun beberapa keutamaan surat Al Fatihah dapat kita pelajari sebagai berikut, silahkan teman teman baca dengan baik dan pahami maknanya.

Khasiat Dan Keutamaan Surat Al Fatihah

  • Keutamaan Surat Al Fatihah Yang Pertama

Surat Al fatihah bisa menjadi penyembuh untuk orang orang yang memiliki penyakit hari seperti riya, ujub, sombong dan lain sebagainya. Ini berdasarkan kitab Madarijus Salikin, bahwasannya Ibnu Qayim R.A berkata ” aku sering mendengar Ibnu Taimiyah R.A berkata, Iyya Kana’budu yang mana arti dari kata itu adalah kepada-Mu kami menyembah, dan ini adalah obat dari penyakit riya. Dan perkataan Iyys Kanas Ta’in yang mana artinya adalah kepada-Mu kami memohon pertolongan dan ini merupakan obat dari penyakit kesombongan. Oleh karena itu Iyya Kana’budu bisa menghilangkan penyakit hati, dimana kalimat tersebut mengingatkan bahwasannya kita sebagai hamba diingatkan akan sifat ikhlas yang merupakan sifat yang sangat mulia. dan kalimat Iyya Kanasta’in memberikan kesadaran terhadap seorang hamba bahwasannya mereka adalah orang yang fakir sekali dan sangat membutuhkan pertolongan dari Allah Azza Wa Jalla.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al Quran yang artinya :

” Hai manusia, kalian ini fakir (butuh) pada Allah, dan Allah Zat yang Maha Kaya dan Maha Terpuji” (QS. Fatir ayat 15).

 

  • Keutamaan Surat Al Fatihah Yang Kedua

Kemuliaan doa di hadapan Allah Ta’ala sangatlah luar biasa, begitu juga dengan bacaan Al Fatihah yang merupakan bacaan yang bisa menjadi obat dari penyakit badan, ini berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari Dan Muslim yang menceritakan sebuah kisah yang artinya sebagai berikut :

” Terdapat sekelompok sahabat dari Rasullullah Shallallahu’alai Wa Sallam dalam keadaan safar, dan mereka melalui sebuah perkampungan Arab, waktu itu para sahabat tersebut minta untuk dijamu, tapi para penduduk setempat enggan untuk melakukannya. Lalu penduduk kampung itu berkata pada para sahabat tersebut yang mampit di perkampungan mereka, ” apakah diantara kalian ada yang bisa meruqyah pembesar (tokoh kampung) kami yang tersengat binatang / demam”. Dan diantara sahabat lalu ada yang berkata, ” ada “. Kemudian salah seorang sahabat tersebut pergi untuk mendatangi pembesar kampung tersebut untuk di ruqyah dengan membaca surat Al Fatihah, Kemudian pembesar kampung tersebut sembuh. Dan yang meruqyah pembesar kampung tadi diberi seekor biri biri (kambing), tapi sahabat tersebut menolaknya, dan dalam kisah ini disebutkan bahwasannya sahabat tersebut mau menerima pemberian seekor kambing tersebut setelah kisah meruqyah tersebut di ceritakan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam. Lalu dia (sahabat tersebut) mendatangi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam dan menceritakan akan kisah yang dialaminya, sahabat tersebut mengatakan ” Ya Rasulullah, aku tidak meruqyah selain membaca surat Al Fatihah “, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam tersenyum lalu mengatakan ” Bagaimana kamu bisa mengetahui surat Al Fatihah adalah ruqyah ?”. Beliau Shallallahu’alaihi Wa Sallam lantas bersabda ” Ambilan kambing itu dari mereka (penduduk kampung) lalu potonglah untukku dan sebagiannya bersama kalian”. [HR. Bukhari Dan Muslim]

Dan dari beberapa ayat dan hadits serta kisah diatas yang perlu digaris bawahi adalah rasa keimanan kita serta kepercayaan dan keyakinan kita terhadap Allah Azza Wa Jalla. Bila semuanya telah melebur menjadi satu, insya Allah bacaan surat Al Fatihah bisa benar benar memberikan kesembuhan kepada seseorang.