0 Comments

Jenis Buah yang Bersifat Dingin


Jenis Buah yang Bersifat Dingin

Savecloyne.com – Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, tak heran jika cuacanya lebih hangat dibandingkan dengan negara lain.

Pada musim tertentu, Indonesia juga dipengaruhi oleh angin La nino dan El nino yang mengakibatkan cuara ekstrim.

Salah satu akibat dari El Nino yaitu musik panas yang berkepanjangan karena suhu permukaan laut naik diatas rata-rata.

Suhu panas yang diatas normal dapat dengan mudah membuat orang jatuh sakit, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan dengan baik.

Untuk menetralisir suhu tubuh yang meningkat, kita bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bersifit dingin.

Jenis Buah yang Bersifat Dingin

Jenis Buah yang Bersifat Dingin

Beberapa buah yang direkomendasikan antara lain :

1. Ketimun

Ketimun atau mentimun merupakan salah satu jenis buah yang bersifat dingin karena mengandung banyak air.

Dalam dunia Industri Kecantikan, timur dikenal sebagai astringent atau penyegar.

Jadi ketika cuaca panas, mengkonsumsi timur sangat baik untuk menyetabilkan suhu tubuh.

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi timun, bisa langsung dimakan atau diserut lalu dibuat es, pasti tubuh kalian akan langsung segar.

2. Bengkuang

Bengkuang adalah salah satu jenis umbi-umbian. Namun masyarakat Indonesia, banyak yang menganggap bengkoang sebagai buah.

Bengkuang memiliki khasiat sebagai pendingi, karena daging bengkuang memiliki kadar air sebanyak 86-90%. Mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium.

Umbi ini juga sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes, rasa manis bengkuang berasal dari inulin. Zat manis yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sifat ini sangat berguna bagi para penderita diabetes.

3. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki rasa manis, mendinginkan dan menyegarkan. Hampir sama dengan bengkuang, semangka memiliki kandungan kadar air hingga 90%.

Jadi sangat cocok dikonsumsi saat musim panas, bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus.

4. Melon

Melon masih satu suku dengan semangka, yaitu dari suku labu-labuan. Bauh ini memiliki tekstur yang lunak.

Melon sering dimanfaatkan sebagai campuran dalam sup buah. Kandungan air yang cukup banyak membuat melon cocok untuk mendinginkan tubuh.

5. Kelapa

Kelapa memiliki banyak khasiat yang sangat luar biasa, salah satunya bisa bikin tubuh kembali segar. Jika cuaca sedang panas, mengkonsumsi kelapa muda dan airnya merupakan pilihan terbaik, apalagi kalau ditambah dengan es dan gula merah. Hemmmm,….sedap

6. Blewah

Mungkin masih banyak yang belum tahu buah Blewah ini. Blewah adalah jenis buah yang serupa dengan melon, kulit dan warna dagingnya terlihat sama.

Dibandingkan dengan melon, Blewah memiliki tekstur yang lembek dan rasanya lebih hambar. Meski begitu, kandungan Blewah sangat bagus, kaya akan vitamin C, provitamin A, serat dan kalium.

7. Delima Merah

Delima merupakan jenis buah yang berasal dari Timur Tengah. Pohonnya tumbuh dengan ketinggian 5-8 m.

Buah delima memiliki warna yang sangat cantik. Berdasarkan data dari Wikipedia, ada 3 jenis buah delima, diantaranya delima merah, delima putih dan delima ungu.

Dengan kandungan vitamin A, C dan E, ion kalium (potasium) serta asam folic, buah delima kaya akan manfaat. Aneka manfaat tersebut seperti mengurangi derita radang tenggorokan, mengurangi peradangan pada kulit, membersihkan kulit, dll.

8. Pepaya

Ketika mengalami masalah sembeli, masyarakat Indonesia banyak yang mengandalkan buah pepaya untuk mengatasinya. Pepaya memang buah yang kaya akan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Selain itu, pepaya kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kadar air yang tinggi bersifat mendinginkan.

Baca juga : Cara Mencari Kerja via Online

Demikianlah 8 jenis buah yang bersifat mendinginkan tubuh. Jika sobat merasa kepanasa atau suhu tubuh naik, coba deh konsumsi salah satu buah diatas.