Menu
Faedah Surat Ar Rahman Yang Perlu Dipahami
0 Comments

Faedah Surat Ar Rahman Yang Perlu Dipahami

Faedah Surat Ar Rahman – Salah satu surat dalam Al Quran yang mana didalamnya telah banyak diulasng ulang suatu ayat sebanyak 31 kali, dan pada surat ini juga terdapat kisah dimana Nabi kita Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam telah membacakan surat ini kepada kaum jin dan mereka meyatakan bahwasannya tidak ada nikmat Allah yang bisa didustakan.

Satu point penting dari pembukaan surat ini yang diawali dengan salah satu nama nama Allah Ta’ala yang maha tinggi dan sangat indah yakni Asmaul Husna.

Lalu apa saja keutamaan dari surat Ar Rahman atau faedah yang bisa kita bisa jadikan pelajaran atau bahan renungan sehingga kita bisa lebih taat dan patuh terhadap segala apa apa yang telah Allah perintahkan dan terhadap apa apa yang telah Allah larang.

Dan juga terhadap apa apa yang telah Allah Ta’ala berikan kepada kita sehingga kita bisa bersyukur atau mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan itu kepada kita.

5 Faedeh Surat Ar Rahman

Bila kita berbicara faedah atau keutamaan surat Ar Rahman, tentunya sangat banyak sekali hal hal yang akan kita petik atau pelajari, dan berikut ini diantarannya.

1. Surat Yang Dibacakan Kepada Kaum Jin

Dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi nomor 3291 dan riwayat Al-H√Ękim II/215/3766. Bahwasannya diceritakan dalam hadits tersebut bahwasannya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam membacakan surat ini kepada para sahabatnya, lalu mereka hanya terdiam.

Kemudia Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam mengabarkan bahwasannya beliau telah membacakan surat ini kepada kaum jin dan tanggapan kaum jin itu lebih baik dibandingkan tanggapan para sahabat. Yakni saat Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam membacakan ayat yang berulang 31 kali “nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan ?”.

2. Surat Yang Diawali Dengan Asmaul Husna

Dalam seluruh surat Al Quran, tidak ada satupun kecuali dari surat ini yang diawali dengan nama Allah Ta’ala yang mulia yakni Ar Rahman. Dan ini menandakan bahwasannya surat ini benar benar menceritakan tentang sifat Allah Ta’ala tersebut.

3. Surat Yang Banyak Mengulang Salah Satu Ayat

Berapa banyak ayat yang berarti “nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan itu ?” diulang dalam surat ini ?

Ya, sebanyak 31 kali. Silahkan baca surat Ar Rahman atau bisa juga anda download surat Ar Rahman untuk didengarkan.

Tidak ada satu surat pun yang mengulang ayat sebanyak ini dalam satu suratnya. Dan dalam surat Ar Rahman ayat ini diulang sebanyak 31 kali tepatnya setelah penjelasan lalu di ulang lagi ayat ini, setiap penjelasan diulang lagi ayat ini.

Ini menunjukan bahwasannya tidak ada nikmat Allah Ta’ala yang bisa untuk di dustakan.

4. Penjelasan Sifat Surga Dan Neraka

Dalam surat ini Allah Ta’ala menjelaskan mengenai beberapa sifat dari surga dan neraka, ini merupakan kabar sekaligus nikmat yang telah Allah Ta’ala gambarkan melalui ayat dalam surat Ar Rahman yang kelak akan diberikan kepada orang beriman sebagai nikmat dan bagi mereka yang kafir serta ingkar akan mendapatkan kesengsaraan.

5. Jenis Penyampaian Allah Ta’ala

Dalam surat ini Allah Azza Wa Jalla menyampaikan kepada manusia dan jin sebagai makhluk yang dibebani hukum syariat dalam dua metode yakni metode yakni :

A. Metode Targhib : Yaitu jenis metode penyampaian dengan memberikan motivasi serta kabar gembira.

B. Metode Tarhib : Yaitu jenis metode penyampaian dengan memberitahukan jenis ancaman atas kejelekan dan menakut-nakuti.

Nah, itu tadi beberapa faedah atau keutamaan yang Allah Ta’ala sampaikan melalui surat Ar Rahman yang bisa kita jadikan bahas renungan atau bahan untuk instropeksi diri.

Apakan diri ini sudah bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah Ta’ala berikan ataukan masih belum sadar dan kurang bersyukur akan nikmat-nikmat pemberian Allah Ta’ala.

Semoga bermanfaat.