Cara Mudah Menghafal Al Quran Dan Menjaganya

Cara Mudah Menghafal Al Quran Dan Menjaganya –¬†Menghafal Al-quran adalah sesuatu hal yang mulia dalam pandangan Islam, seperti halnya orang yang sudah hafal bacaan Juz Amma atau surat-surat lainnya yang ada di dalam al-quran dirinya pasti memiliki keilmuan yang lebih dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki hafalan sama sekali.

Dan Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan beberapa tips dalam menghafal Alquran dan menjaga hafalan al-qur’an tersebut supaya tidak mudah hilang di dalam ingatan kita atau kau bisa melekat kuat dalam ingatan kita.

Al-quran sendiri adalah kitab yang sangat mulia yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai pedoman hidup untuk manusia agar selamat dunia dan akhirat.

Seorang yang menghafal al-qur’an memiliki keistimewaan di dunia dan di akhirat, di dunia seorang penghafal al-quran akan memperoleh derajat yang tinggi dan jika ia benar-benar ikhlas dalam menghafal Alquran maka kelak orang tuanya akan dihadiahi mahkota yang bersinar sangat terang di akhirat oleh anak yang memiliki hafalan al-qur’an di dunia.

Tentunya masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan lainnya yang tidak bisa kami Sebutkan Pada kesempatan kali ini

Berikut ini beberapa tips dalam menghafal dan menguatkan hafalan tersebut agar tetap melekat dalam ingatan kita.

9 Tips Menghafal Al Quran Dan Menjaganya

berikut ini ada sembilan perkara yang bisa membantu menjaga dan menambah hafalan Al Quran kita :

1. berdoa kepada Allah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh supaya diberi pertolongan dalam menghafal ayat ayatnya.

Al-quran adalah ayat-ayat yang telah Allah turunkan untuk pedoman hidup manusia dan Al Quran itu dijaga oleh Allah secara langsung sehingga tidak akan rusak ayat ayat dan tidak akan berubah isinya sampai hari kiamat tiba.

oleh karena itu sudah sepantasnya kita meminta pertolongan kepada Allah untuk menghafal ayat-ayat al-quran yang akan kita hafalkan.

Setiap muslim pastilah doanya akan terkabul jika ia benar-benar memohon pertolongan kepada-Nya dan meminta dengan sungguh-sungguh dan berharap serta berusaha semaksimal mungkin dan sisanya kita serahkan kepada Allah dan hanya Allah yang menentukan segalanya.

Karena Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Ketika seseorang itu ingin menghafal Al-quran namun ia tidak dengan cepat bisa menghafal nya mungkin Allah menghendaki dirinya untuk mendapatkan pahala dari membaca Al-quran itu sebanyak-banyaknya.

Dan bagi orang-orang yang seperti ini hendaknya Ia terus berusaha dan terus berdoa kepada Allah agar dipermudah urusannya dalam menghafal Al-quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. hendaknya kita ingin mengamalkan apa yang kita hafal.

Agar hafalan dari ayat-ayat yang kita sudah hafal kan bisa melekat kuat dalam ingatan kita, hendaknya kita mengamalkan apa yang telah kita hafal dari ayat-ayat al-quran tersebut. Metode seperti ini merupakan salah satu metode yang sering dipraktikkan oleh para penghafal al-quran di kebanyakan tempat secara umum.

Karena dengan mempraktikkan apa yang telah kita hafal kita akan lebih memahami dan tentunya ayat yang sudah kita praktekan tersebut akan Melekat Di dalam ingatan kita.

3. menyisihkan waktu tertentu setiap hari untuk mengulang dan menambah hafalan.

Tahapan berikutnya adalah : menyisihkan waktu waktu tertentu di setiap harinya untuk kita mengulang ulang atau murojaah hafalan yang sudah kita dapatkan di beberapa hari yang lalu.

Selain dengan mengulang-ulang bacaan tersebut, menyisihkan waktu di setiap harinya bisa kita gunakan untuk menambah hafalan al-qur’an kita.

4. memiliki guru yang mumpuni untuk setoran hafalan dan murojaah Quran.

waktu terbaik untuk murojaah hafalan adalah setelah ba’da maghrib sampai dengan Isya, di waktu tersebut kita bisa mengulang-ulang hafalan atau murojaah hafalan yang sudah kita miliki,

Setidaknya di waktu tersebut kita bisa mengulang minimal 5 lembar halaman Al-quran di sela waktu antara maghrib sampai dengan Isya.

Kemudian waktu untuk menambah hafalan yang paling bagus dan sering dipraktikkan oleh para penghafal Al-quran adalah pada waktu ba’da subuh.

Kenapa waktu ini? Karena waktu ini adalah waktu yang paling baik dari diri seorang manusia setelah ia bangun dari tidurnya dan belum terpengaruh oleh aktivitas harian atau rutinitas harian dirinya.Sehingga lebih mudah untuk dirinya dalam menghafal setiap ayat-ayat Al-quran.

5. sebisa mungkin menggunakan 1 cetakan mushaf.

Tips menghafal Al-quran selanjutnya ialah dengan menggunakan 1 cetakan mushaf saja dari awal menghafal, karena dengan hanya menggunakan satu mushaf akan memudahkan kita dalam mengingat setiap baris dari ayat-ayat al-quran yang kita hafal.

Ketika seseorang itu menggunakan mushaf yang berganti-ganti maka akan menyulitkan dirinya untuk mengingat setiap baris dari ayat-ayat yang sudah ya hafalkan. Karena setiap cetakan mushaf tidak selalu sama baik itu dari baris ayat per lembar atau bentuk huruf Arab yang ada pada mushaf tersebut.

Dengan menggunakan 1 cetakan mushaf kita akan lebih mudah lagi dalam mengingat dan menghafal ayat-ayat baru.

Mushaf yang sering digunakan atau mushaf yang mudah digunakan untuk penghafal Al-quran yakni mushaf cetakan Madinah. Terakhir baru mushaf ini memiliki jumlah baris yang sama pada setiap muka lembar halaman, yakni kurang lebih 15 baris ayat Al-quran.

6. mengulang-ulang apa yang sudah dihafal sebanyak mungkin.

Mengulang-ulang ayat yang sudah dihafal sebanyak mungkin bisa kita praktikkan ketika kita sedang duduk ketika kita sedang beraktivitas seharian lainnya kita bisa mengulang-ulang hafalan yang sudah kita dapatkan di hari hari yang lalu, dengan begitu hafalan yang kita dapatkan bisa melekat erat Di dalam ingatan kita.

Jika seseorang itu jarang mengulang-ulang hafalan yang sudah didapatkannya pastilah akan sulit untuk dirinya mengingat hafalan yang sudah ia dapatkan di hari hari yang lalu, mengulang-ulang hafalan adalah hal wajib bagi setiap penghafal Al-quran, karena ini adalah salah satu metode dari cara menghafal Al-quran itu sendiri.

7 membaca apa yang sudah dihafal di dalam salat kita.

Salah satu cara terbaik untuk melekatkan hafalan yang sudah kita dapat adalah dengan membaca surat atau ayat pada salat salat kita seperti ketika sedang salat qobliyah atau ba’diyah di 5 waktu salat yang wajib.
Atau pada waktu-waktu salat sunah lainnya, ayat-ayat tersebut yang sudah kita dapatkan seperti salat tahiyatul masjid salat Setelah wudhu atau pada waktu salat tahajud yang memiliki durasi waktu yang sangat panjang dan kita bisa membaca seluruh ayat-ayat yang kita ingin baca di waktu sholat tahajud tersebut dan dilengkapi dengan salat Witir.

Dengan mengulang-ulang setiap bacaan pada setiap salat akan membantu kita melekatkan hafalan al-qur’an.

8. membaca dan memahami tafsir ayat yang sudah kita hafal.

Poin selanjutnya ialah dengan cara memahami tafsir ayat yang sudah kita hafal secara perlahan-lahan.

Dengan kita memahami tafsir ayat yang sudah kita hafal atau yang sedang kita baca akan membantu kita mengingat-ingat ayat-ayat tersebut. Dan metode semacam ini harus dibimbing oleh guru yang mumpuni atau guru/ustadz yang berkompeten di bidang Ilmu Tafsir al-qur’an.

9. menjauhi kemaksiatan dan sedikit-sedikit dalam menghafal tetapi rutin.

Langkah selanjutnya dan merupakan tips terakhir Pada kesempatan kali ini adalah dengan menjauhi segala bentuk kemaksiatan.

Seseorang yang hendak menghafal Alquran adalah orang-orang yang akan memiliki Drajat lebih tinggi dibanding orang-orang umum lainnya karena dirinya menghafal ayat-ayat Al-quran di dalam dirinya dan tentunya orang tersebut harus sejauh mungkin menjauhi kemaksiatan kemaksiatan yang tidak disukai dalam Islam atau yang dilarang dalam Islam atau yang dilarang oleh Allah.

Dengan menjauhi kemaksiatan kita mengharap keridhaan Allah untuk mempermudah kita dalam menghafal Alquran.

Selain menjauhi kemaksiatan hendaknya seseorang yang ingin menghafal Alquran ialah ia harus sedikit-sedikit dalam menghafal namun rutin di setiap waktu atau di setiap harinya.

Di setiap harinya harus ada hafalan baru yang melekat dalam ingatannya dan dengan tidak melupakan hafalan Hafalan yang sudah ia dapat di hari-hari yang lalu.

Baik, itu tadi teman-teman beberapa tips tips yang bisa kami bagikan Pada kesempatan kali ini, Semoga apa yang sudah kami Uraikan di atas bisa menambah keilmuan kita dan semangat kita dalam menghafal al-quran serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih dan jazakallah Khoir atas perhatiannya.