0 Comments

7 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Mudah


Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Sebelum membahas cara ampuh untuk menurunkan birah Lovebird, sebaiknya Anda mengetahui penyebab yang membuat Lovebird jadi berlebihan atau over birahi. Biasanya over birahi pada Lovebird karena bermacam-macam faktor. Mulai dari lingkungan di tempati, perawatan yang salah, makan yang tak proporsional, dan faktor yang lainnya.

Cara Ampuh Menurunkan Birahi Lovebird

Cara menurunkan birahi Lovebird ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Hal terpenting adalah Anda melakukannya dengan konsisten. Jangan baru sampai 3-4 hari Anda lelah dan menyerah karena belum melihat perubahan pada burung kesayangannya. Tetap lakukan cara-cara di bawah ini dengan rutin agar Lovebird tidak over birahi lagi.

1. Sering Dimandikan

Cara pertama untuk menurunkan birahi Lovebird yang harus Anda lakukan ialah dengan sering memandikannya dan teratur. Frekuensi memandikannya 2-3 kali. Waktu terbaik untuk memandikannya di pagi hari sebelum matahari terbit, sore dan malam sebelum pukul 10 malam.

Untuk durasi Lovebird di mandikan sekitar 15 sampai 25 menit sampai basah kuyup. Cara menurunkan birahi Lovebird dengan memandikan malam hari, di sini Anda harus melihat keadaan atau kondisi juga. Apabila cuaca sedang dingin, sebaiknya tidak memandikan Lovebird.

2. Sering Dijemur

Lovebird yang sedang berlebihan birahi harus di jemur dengan teratur supaya birahinya bisa terkontrol. Waktu penjemuran yang tepat ialah ketika matahari mulai terbit sampai pukul 9 pagi. Lewat dari itu jangan lagi menjemur Lovebird. Karena bila terlalu siang, bulunya bisa rusak oleh sinar ultraviolet. Lakukan penjemuran di waktu tersebut secara konsisten hingga 2 bulan.

3. Jangan Berikan Kangkung, Jagung, dan Kuaci

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu meningkatkatnya birahi. Di antaranya yaitu kuaci, kangkung, dan jagung. Oleh karena itu, untuk sementara jangan beri ketiga jenis makanan itu dahulu. Cara menurunkan birahi Lovebird ini perlahan-lahan akan turunkan birahi Lovebird.

4. Timun Dapat Mengurangi Birahi Lovebird

Timun mempunyai kandungan air yang dapat membantu mengurangi birahi Lovebird. Pemberian timun pada Lovebird sebaiknya di pagi hari. Karena di pagi hari Lovebird masih merasa lapar dan akan melahap apa saja termasuk timun. Kalau perutnya sudah terisi, biasanya Lovebird tidak mau memakan timun yang Anda berikan.

5. Daun Kemangi untuk Mengurangi Birahi Lovebird

Cara menurunkan birahi Lovebird bisa dengan memberikan daun kemangi. Daun kemangi dapat diracik khusus untuk dibuat ramuan yang fungsinya untuk menurunkan birahi Lovebird. Belilah daun kemangi yang masih segar jangan yang layu. Pada awalnya, mungkin Lovebird akan menolak memakan daun kemangi. Tapi tenang saja, untuk mengatasinya jangan berikan makanan lain selain daun kemangi.

6. Letakkan Lovebird Pada Kandang Umbaran

Dengan menaruh Lovebird di kandang umbaran, maka burung leluasa dalam bergerak. Secara naluri Lovebird menjadi lebih senang, dan cara ini bisa juga mengatasi Lovebird galak. Tapi satu hal yang perlu Anda perhatikan ialah pastikan tak ada burung lain ketika Lovebird yang over birahi ada di dalam kandang.

7. Gabah Bangkok

Gabah bangkok telah lama di percaya dapat menurunkan birahi yang berlebihan pada Lovebird. Gabah bangkok mengandung beragam kandungan yang baik. Mulai dari mineral, vitamin, sampai nutrisi. Sebagai bonusnya, gabah bangkok juga bisa membuat Lovebird yang Anda memiliki stamina tinggi, sehingga suara burung tersebut bisa ngekek dengan durasi yang panjang.

Demikian uraian tentang cara menurunkan birahi Lovebird yang bisa Anda praktikan pada Lovebird Anda yang mengalami masalah berlebihan birahi atau over birahi.