0 Comments

Cara Mencari Kerja via Online


Cara Mencari Kerja Via Online

Saat ini Freshgraduate pastinya tengah bingung mencari pekerjaan yang cocok. Entak disebabkan oleh kurangnya informasi lowongan kerja atau tidak tau mengenai cara mencari lowongan kerja via online dengan mudah.

Di era yang sangat modern penting sekali memanfaatkan gadget dan social media sebagai jembatan mencari informasi seputar pekerjaan. Jika tidak pandai memanfaatkan teknologi yang ada tentunya anda selaku pencari kerja akan merasa sangat tertinggal.

Banyak sekali kelebihan mencari kerja secara online dibandingkan dengan melamar pekerjaan langsung dari kantor ke kantor. Mencari pekerjaan secara online akan lebih mudah dan cepat.

Kelebihan lainnya adalah anda tidak perlu repot keluar rumah. Biaya akomodasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan tentunya lebih sedikit.

Selain itu dengan melihat secara online sobat akan tahu perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan kerja serta jenis pekerjaan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Untuk itu kami akan membahas secara detail tentang cara mencari kerja dengan cepat via online. Bagi sobat pencari kerja wajib untuk menyimak artikel ini yaa 🙂 Yuk langsung saja kita ulas selengkapnya !

Cara Mencari Kerja Via Online

Gunakan Sosial Media

Cara yang tepat untuk mencari kerja via online yang pertama adalah menggunakan situs sosial media seperti instagram, Facebook, Whatsapp, website dan aplikasi sejenis.

Caranya adalah dengan mengikuti atau memfollow akun-akun lowongan kerja baik di Instagram maupun di Facebook. Kemudian gunakan hastag seperti loker, lowongan kerja, jobvacancy,atau yang terkait dengan lowongan kerja.

Oh iya sobat, yang perlu diingat ketika mencari pekerjaan secara online adalah carilah pekerjaan yang masuk akal dan sesuai dengan gajinya. Jangan mudah tergiur dengan pekerjaan yang mudah dan sepele namun mendapatkan gaji yang banyak karena biasanya terdapat unsur-unsur penipuan.

Gunakan Aplikasi Lowongan Kerja

Selain menggunakan social media, penggunaan aplikasi lowongan kerja akan mempermudah sobat mencari pekerjaan. Pastikan untuk menginstall aplikasi yang terpercaya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut sobat akan dengan cepat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan sobat.

Gabung Grup Lowongan Kerja via Facebook

Grup lowongan kerja di facebook biasanya bermanfaat bagi sobat yang tengah mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan member atau anggota yang bergabung di grup tersebut akan dengan cepat membagikan informasi seputar lowongan kerja baik di daerah setempat maupun di luar daerah.

Gabung Grup Lowongan Kerja di Whatsapp

Setelah gabung lowongan kerja di facebook dapat diteruskan dengan bergabung grup whatsapp tentang lowongan kerja. Biasanya di grup whatsapp informasi akan lebih cepat dan lebih mudah diakses/dibuka dibandingan dengan facebook.

Subscribe Situs Lowongan Kerja

Jika ingin lebih cepat mendapatkan pekerjaan tentunya sobat harus lebih semangat dan mengoptimalkan penggunaan social media. Jangan lupa untuk mengikuti sebanyak mungkin situs lowongan kerja agar dapat lebih mudah mendapatkan informasi.

Sesuaikan Bidang yang Dikuasai

Skill atau kemampuan sangat penting dalam mencari pekerjaan. Sobat harus memastikan skill / kemampuan sobat sesuai dengan pekerjaan yang sobat daftar. Jadi pastikan untuk menguasai bidang yang akan sobat ambil. Hal ini akan memudahkan sobat untuk diterima di tempat yang sobat inginkan.

Kirim Surat Lamaran Lewat Email atau langsung di Situs Tersebut

Agar memudahkan melamar pekerjaan langsung email atau langsung daftar di situs tersebut. Selain itu manfaatnya adalah untuk meminimalisir penipuan.

Selalu Update

Setiap harinya terdapat informasi lowongan pekerjaan baru. Simak terus dan pastikan untuk selalu update informasi. Masukan lamaran sebanyak mungkin ke berbagai perusahaan agar semakin banyak peluang diterima.

Buat CV dan Surat Lamaran yang Menarik dan Lengkap

Dalam melamar pekerjaan, hal yang paling penting adalah membuat CV dan surat lamaran yang menarik. Selain menarik keduanya juga harus lengkap dan jelas.

Pada CV dan surat lamaran kerja harus berisi tentang kelebihan serta potensi diri anda. Tujuannya adalah apabila pihak HRD perusahaan membaca CV anda dapat menjadi bahan pertimbangan untuk diterima.