5 Sifat Wajib Allah yang Harus Kita Tahu

Sebagai umat islam tentu merupakan suatu hal wajib dalam mengetahui sifat wajib Allah. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa sifat wajib Allah yang bisa anda pelajari.

Sifat-sifat Allah sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua macam yaitu sifat wajib dan sifat mustahil, yang tentunya kedua sifat tersebut harus kita ketahui. Tapi dalam artikel kali ini kami hanya akan membagikan 5 sifat wajib Allah saja yang mudah-mudahan bisa anda jadikan refrensi.

Sebenarnya sifat Allah sudah tertulis dalam asmaul husna, yang mana dalam asmaul husna selain bisa mengetahui nama-nama Allah, kita juga bisa tahu lebih dalam tentang sifat Allah Ta’ala.

Jadi secara umum kita sebagai umat islam juga harus tahu apa saja yang terdapat dalam asmaul husna.

Sifat-Sifat Wajib Allah

Dibawah ini merupakan daftar sifat wajib Allah yang bisa anda pelajari:

1. Wujud (Ada)

Allah itu bersifat wujud atau ada dan Allah merupakan dzat yang pasti ada. Maka dari itu sebagai umat islam kita harus meyakini dan menyembah Allah. Dalam surat thaha ayat 14 menjelaskan, yang artinya:

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku (QS Thaha: 14)

2. Qidam (Terdahulu/Awal)

Sifat wajib allah yang ke dua yaitu Qidam yang artinya terdahulu atau awal. Allah telah ada lebih dahulu dibanding dengan siapapun, dan Allah lah yang menciptakan semesata alam beserta isinya. Dalam surat Al – Hadid ayat 3 menjelaskan, yang artinya:

Dialah yang awal dan yang akhir. Yang zhahir dan yang bathin, dan Dia maha mengetahui segala sesuatu (QS. Al – Hadid : 3)

3. Baqa’ (Kekal)

Selanjutnya yaitu Allah memiliki sifat baqa’ yang berarti kekal. Yang mana dalam sifat Allah ini kita bisa tahu kalu Allah itu tidak akan pernah binasa atau mati dan tetap selalu ada selamanya. Dalam surat Al – Qasas ayat 88 menjelaskan, yang artinya:

Tiap – tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. BagiNya-lah segala penentuan, dan hanya kepadaNya-lah kamu dikembalikan”. (QS. Al – Qasas : 88)

4. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri sendiri)

Sifat Allah selanjutnya yaitu Qiyamuhu Binafsihi yang artinya berdiri sendiri. Hal tersebut dijelaskan dalam Al-Quran surat Al – Ankabut ayat 6 yang artinya:

Sesungguhnya Allah benar – benar Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta”. (QS. Al – Ankabut : 6)

5. Wahdaniyah (Tunggal/Esa)

Untuk sifat wajib Allah yang ke lima ini yaitu Wahdaniyah yang artinya tunggal atau esa. Maksut dari sifat tersebut tidak lain yaitu Dialah satu-satunya Tuhan yang menciptakan alam beserta isinya dan tidak memiliki skutu satu pun. Dalam Al-Quran surat Al Anbiya ayat 22 dijelaskan, yang artinya:

Seandainya di langit dan di bumi ada tuhan – tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu akan binasa”. (QS Al – Anbiya : 22)

Itulah 5 sifat wajib Allah yang bisa anda pelajari. Sebenarnya masih ada beberapa lagi sifat wajib Allah, tapi sebagai wawasan mungkin 5 daftar diatas sudah cukup meyakinkan kita untuk selalu ingat kepada Allah.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Lima Waktu