5 Dosa yang Sering di Anggap Remeh Oleh Kebanyakan Wanita Muslim

Seorang manusia pasti tidak luput akan dosa, kata kata tersebut mungkin sudah sangat tidak asing lagi di dengar oleh kita semua. tapi taukah Anda kalau ternyata ada banyak sekali dosa yang kebanyakan orang hanya menganggapnya remeh dan bahkan biasa saja dalam menyikapinya. dan berikut ini beberapa contoh dosa yang sering di angap remeh dan sering pula dilakukan dalam kehidupan sehari – hari.

1. Memakai Bulu Mata Palsu

Pada dasarnya hampir semua wanita memiliki bulu mata, tapi kenapa ada banyak sekali wanita muslim di luar sana menggunakan bulu mata palsu ? alasan yang sering diucapkan oleh para pengguna bulu mata palsu adalah bulu mata yang asli tidak terlalu menarik untuk dilihat. Seharusnya jika itu adalah pokok permasalahannya wanita yang muslimah harus menerima dengan apa yang telah diberikan oleh allah dan tidak perlu melakukan tipu daya dengan bulu mata buatan manusia.

Ustadz Zainul Mustaqim, menjelaskan bahwa Islam tidak memperbolehkan wanita memakai bulu mata palsu, walapun tidak ada dalil yang jelas langsung melarang namun menurut beliau ada dalil yang bisa dijadikan pegangan. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda:

”Allah melaknat orang yang menyambung rambut dan melaknat pula orang yang disambungkan.” (HR. Muttafaq’alaih)

2. Tabarruj (Menampakkan Perhiasan)

Hal lain yang sering tidak disadari oleh kebanyakan wanita adalah tabarruj atau menampakan perhiasan yang dimilikinya. Hukum tabarruj berbeda dengan hukum menutup aurat dan hukum mengenakan kerudung dan jilbab. Walaupun seorang wanita telah menutup aurat dan berbusana syar’iy, namun tidak menutup kemungkinan ia melakukan tabarruj.

Adapun larangan tabarruj telah ditetapkan Allah SWT dalam surat al-Nur ayat 60. Allah SWT berfirman :

“Dan perempuan-perempuan tua yang Telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian[1050] mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Bijaksana.”(An-Nuur:60)

3. Memakai Kawat Gigi

Mungkin ini tidak hanya dilakukan oleh kebanyakan wanita tapi laki-laki juga sering menggunakannya. itu memang karena sudah zamannya dan fashion trend diera sekarang ini. Tapi sadarkah mereka kalu mengunakan kawat gigi ternyata tidak diperbolehkan dalam islam? Dalam hadist dijelaskan mengenai hukum merapikan gigi dengan cara merubah bentuknya, yakni sebagai berikut:

“Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah.” (HR. Muslim)

4. Mencabut Uban

Bagi kebanyakan orang (wanita dan laki-laki) terutama yang sudah tua mencabut uban adalah hal sangat wajar dan biasa untuk dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. tapi sadarkah mereka akan hal tersebut ? tentusaja banyak yang tidak menyadarinya karena memang kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi tersendiri terutama wanita berusia lanjut.

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti. (HR. Abu Daud)

5. Memakai Jilbab Gaul

Dan yang terakhir ini adalah hal yang paling sring dilakukan oleh wanita muslim yaitu menggunakan jilbab gaul / tidak memenuhi syarat hijab. karena zaman semakin maju dan fashion juga semakin aneh aneh banyak sekali diluar sana yang menjual berbagai jilbab dengan model yang tidak sesuai dengan syarat berhijab, itu disebapkan kerena banyak sekali wanita sekarang yang menyukai akan hal yang unik tanpa memperhatikan dosa atau idaknya dalam pandangan islam.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahkan telah memperingatkan kita dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah:

Ada dua golongan penghuni Neraka yang belum pernah aku lihat sebelumnya, yaitu suatu kaum yang membawa cambuk seperti ekor-ekor sapi betina yang mereka pakai untuk mencambuk manusia; wanita-wanita yang berpakaian (namun) telanjang, yang kalau berjalan berlenggak-leng gok menggoyang-goya ngkan kepalanya lagi durhaka (tidak ta’at), kepalanya seperti punuk-punuk unta yang meliuk-liuk. Mereka tidak akan masuk Surga dan tidak dapat mencium bau wanginya, padahal bau wanginya itu sudah tercium dari jarak sekian dan sekian. (HR Muslim/HR Ahmad)

Itulah 5 dosa yang menurut saya sering dilakukan oleh kaum wanita masa kini, jika menurut Anda ada yang salah dalam tulisan diatas mohon untuk membenarkannya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Trimakasih dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Baca Juga: 5 Sifat Wajib Allah yang Harus Kita Tahu